Breaking News

Bus SAN Tambah 8 Bus Mewah Jurusan Blitas – Pasir Pangaraian Sumatera

SEMARANG, INFO BUS – Perusahaan Otobus SAN Putera Sejahtera (PO SAN) kembali menambah armadanya dengan meluncurkan 8 bus mewah baru.

Adalah Bus Scania K410IB-6×2, yang dilengkapi Air Conditioner Intelligent Air Purification and Disinfaction System, untuk menjaga kualitas udara yang aman dan sehat dalam ruangan bus berpendingin udara.

Delapan unit bus baru tersebut juga dilengkapi fitur menjaga kesehatan udara di dalam kabin.

Direktur Utama PO SAN, Kurnia Lesani Adnan menjelaskan kedelapan Bus Scania K410IB-6×2 milik PO SAN ini dilengkapi teknologi Intelligent Air Purification and Disinfection System 2.0 besutan SONGZ.

Air Purifier ini dapat membersihkan udara dari partikel kecil sampai 2,5 mikron yakni:

polusi udara seperti asap, bau tidak sedap dan membunuh kuman karena dilengkapi 4 teknologi mutakhir:
1. Electrostatic dust collection (PM2.5),
2. UV lamp,
3. Ionizer,
4. Photocatalyst filter.

Bus Scania K410IB-6×2 terbaru ini dibangun oleh Karoseri Laksana (Semarang) dan Karoseri Adiputro (Malang), masing-masing membangun empat unit.

Nantinya, kedelapan bus ini akan memperkuat layanan PO SAN untuk trayek Pasir Pangaraian – Pekan Baru – Lintas Timur – Tol Sumatera – Jakarta – Tol Trans Jawa – Solo – Tulungagung – Blitar.

Selama ini trayek Solo-Pekanbaru dilayani lima unit bus Scania 410IB-6X2.

Adapun konfigurasi tempat duduk 2-2, dan kapasitas angkutnya mencapai 56 penumpang.

Harga tiket dibandrol sekitar Rp 550.000.

Setiap tempat duduk dilengkapi fasilitas tambah daya untuk telepon seluler

PO SAN akan bekerjasama dengan RedBus, sebuah perusahaan agregator untuk penjualan tiket online khusus bus, dengan memberikan harga promosi.

Perlu diketahui PO SAN memperoleh Penghargaan Wahana Adiguna untuk kategori AKAP Non Ekonomi – Perusahaan Besar dari Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan pada 14 Desember 2020.

Departemen Head Truck Sales Operation PT United Tractors Tbk, Suhardi mengatakan sebagai distributor tunggal merek Scania di Indonesia, United Tractors siap mendukung kemajuan transportasi darat.

Keberhasilan pembangunan infrastrukur bergantung pada sistem moda transportasi yang baik khususnya pada sektor transportasi darat.

Sebagai Leading Transportation Provider, United Tractors senantiasa berkomitmen memajukan bisnis transportasi mitra usaha didukung dengan jaminan layanan jual prima, termasuk kepada PO SAN yang menjadi mitra kami dengan meluncurkan 8 unit bus Scania K410IB-6×2 terbaru ini

Bus Scania K410IB 6×2 adalah Sasis bermesin belakang dengan tenaga 410 hp yang diperuntukan untuk bus antar kota (jarak jauh) dengan bentuk bus regular berkonfigurasi roda 6×2.

Dari sisi transmisi, Bus Scania K410IB-6×2 yang dibeli PO SAN menggunakan transmisi Scania Opticruise.

Transmisi ini berfungsi menjaga kenyamanan penumpang dan pengemudi dengan perpindahan gigi yang halus, cepat dan mampu meminimalisir hentakan.

Dengan Scania Opticruise, tidak perlu khawatir kehilangan tenaga saat dalam kondisi menanjak karena sistem perpindahan giginya sudah diprediksi sejak awal.

Retarder yang terintegrasi pada transmisi mempunyai fungsi mengurangi keausan komponen dan menunjang efisiensi bahan bakar pada kendaraan.

AC Bus Scania K410IB-6×2 terbaru ini menggunakan Thermo King, yakni AC bus dengan kinerja terbaik dan handal dengan tingkat kenyamanan maksimal pada kondisi iklim yang ekstrim.

Dari sisi suspensi, menggunakan suspensi udara pada tiap sumbu roda, yang dikontrol secara elektronik dan berfungsi untuk memaksimalkan kenyamanan penumpang serta pengemudi dalam berkendara. Suspensi dapat diatur turun, kurang lebih 10 cm dari tinggi normal.

Secara otomatis ketinggian suspensi akan kembali normal saat kecepatan bus mencapai 30 km/jam.

Stir kemudi Scania K4101B-6X2 dilengkapi dengan tombol untuk mengatur beberapa fitur, diantaranya display panel dan cruise control.

Cruise control membantu pengemudi untuk mempertahankan kecepatan. Fungsi tersebut dapat dinyalakan dan dimatikan dengan menggunakan tombol di stir kemudi, dan dapat di putuskan melalui pedal rem, pedal kopling dan retarder.

Stir kemudi juga dapat disesuaikan posisi kemiringannya, antara 25 – 45 derajat dan 15 posisi agar lebih nyaman bagi pengemudi. Sistem yang digunakan menggunakan sistem udara bertekanan (pneumatis).

Yang tidak kalah penting, Scania K4101B-6X2 dilengkapi dengan Instrument Cluster yang merupakan pusat informasi unit. Fitur ini berupa display yang sudah berwarna dan dilengkapi dengan bahasa Indonesia atau disebut dengan MID (Multi Information Display).

Informasi yang ditampilkan di layar display anatara lain Engine Temperature, Fuel Level, Fuel Consumption, Oil Pressure, Scania Driver Support (on-board driver coaching) yang menunjukkan perilaku pengemudi saat mengendarai unit, dan sebagainya.

Spesifikasi di Bus Scania K410IB-6×2 milik PO. SAN ini merupakan sesuatu yang baru, yang tidak hanya meningkatkan kualitas, kenyamanan, tetapi juga mengutamakan keselamatan (safety) dan kesehatan. Kami ingin terus memberikan layanan dan pengalaman naik bus terbaik bagi pelanggan kami,” kata Sani. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*